SiPen News

6/recent/ticker-posts

Materi Literasi di Sekolah: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Jenis, dan Contoh Penerapan

Daftar Isi [Tampil]

    Pada tahun 2020 tingkat kebiasaan membaca di Indonesia telah mengalami peningkatan dari dua tahun ke belakang.

    Berdasarkan info grafik Kebiasaan Membaca Dunia, Indonesia akhirnya menduduki peringkat ke 16 yang ditandai oleh lamanya waktu membaca per minggu dengan rata-rata 6 jam.

    Kebiasaan membaca ini juga disebut sebagai budaya literasi. Budaya literasi ditandai dengan dirayakannya Hari Literasi Nasional setiap tanggal 8 September setiap tahunnya.

    Untuk mengenal lebih jauh lagi dengan literasi, yuk simak artikel ini sampai selesai!


    Pengertian Literasi Menurut Para Ahli

    1. Menurut Harvey J. Graff

    Menurut Harvey J. Graff “2006”, Literasi ialah suatu kemampuan dalam diri seseorang untuk menulis dan membaca.

    2. Menurut Jack Goody

    Menurut Jack Goody, Literasi ialah suatu kemampuan seseorang dalam membaca dan juga menulis.

    3. Menurut Elizabeth Sulzby

    Menurut Elizabeth Sulzby “1986”, Literasi ialah kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi “membaca, berbicara, menyimak dan menulis” dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya. Jika didefinisikan secara singkat, definisi literasi yaitu kemampuan menulis dan membaca.

    4. Menurut Merriam – Webster

    Menurut kamus online Merriam – Webster, Literasi ialah suatu kemampuan atau kualitas melek aksara di dalam diri seseorang dimana di dalamnya terdapat kemampuan membaca, menulis dan juga mengenali serta memahami ide-ide secara visual.

    5. Menurut UNESCO

    Menurut UNESCO “The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization”, Literasi ialah seperangkat keterampilan nyata, terutama ketrampilan dalam membaca dan menulis yang terlepas dari konteks yang mana ketrampilan itu diperoleh serta siapa yang memperolehnya.



    Tujuan Literasi
    Literasi memiliki tujuan diantaranya sebagai berikut:
    1. Membantu meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan cara membaca berbagai informasi bermanfaat.
    2. Membantu meningkatkan tingkat pemahaman seseorang dalam mengambil kesimpulan dari informasi yang dibaca.
    3. Meningkatkan kemampuan seseorang dalam memberikan penilaian kritis terhadap suatu karya tulis.
    4. Meningkatkan nilai kepribadian seseorang melalui kegiatan membaca dan menulis.
    5. Menumbuhkan dan mengembangkan budaya literasi di tengah-tengah masyarakat secara luas.

    Manfaat Literasi

    Adapun beberapa manfaat literasi ialah sebagai berikut:
    1. Menambah perbendaharaan kata “kosa kata” seseorang.
    2. Mengoptimalkan kinerja otak karena sering digunakan untuk kegiatan membaca dan menulis.
    3. Mendapat berbagai wawasan dan informasi baru.
    4. Kemampuan interpersonal seseorang akan semakin baik.
    5. Kemampuan memahami makan suatu informasi akan semakin meningkat.
    6. Meningkatkan kemampuan verbal seseorang.
    7. Meningkatkan kemampuan analisis dan berpikir seseorang.
    8. Membantu meningkatkan daya fokus dan kemampuan konsentrasi seseorang.
    9. Meningkatkan kemampuan seseorang dalam merangkai kata yang bermakna dan menulis.

    Jenis-Jenis Literasi

    1. Literasi Baca dan Tulis

    Literasi ini berkaitan dengan pengetahuan dan kecakapan dalam memperoleh dan mengolah informasi. Sebagai mahasiswa, kamu dapat dapat mempelajarinya untuk mengembangkan pemahaman dan potensi yang kamu miliki.


    2. Literasi Numerasi

    Seperti namanya, literasi jenis ini berkaitan dengan angka. Adapun pengertiannya adalah pengetahuan dan kecakapan untuk memperoleh dan mengkomunikasikan berbagai macam angka dan simbol. Kemampuan ini bertujuan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

    3. Literasi Sains

    Literasi selanjutnya berkaitan dengan pengetahuan dan kecakapan dalam memperoleh pengetahuan dan menjelaskan fenomena ilmiah. Kamu dapat meningkatkan kepedulian terhadap isu-isu seputar sains dan perkembangannya.

    4. Literasi Digital

    Perkembangan TIK membawa pengaruh terhadap kebiasaan anak muda. Sebagai mahasiswa, kamu perlu menguasai literasi satu ini. Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan dalam menggunakan media digital dan alat-alat komunikasi. Memahami literasi digital akan menjadikan kamu lebih mudah untuk membina interaksi di kehidupan sehari-hari.


    5. Literasi Budaya

    Literasi ini berkaitan dengan aspek kebudayaan. Literasi budaya berarti pengetahuan dan kecakapan dalam memahami dan bersikap terhadap kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa. Terlebih Indonesia adalah negara dengan beragam suku bangsa dan kebudayaan.

    6. Literasi Finansial

    Terakhir berkaitan dengan keuangan. Literasi finansial merupakan pengetahuan dan kecakapan untuk memahami konsep dan risiko dalam konteks finansial. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan individu maupun sosial.

    Contoh Penerapan Literasi di Sekolah

    1. Gerakan Literasi Sekolah

    Nah, literasi pasti tidak jauh-jauh dengan yang namanya sekolah. Sehingga disebut dengan literasi sekolah, Karena semua berawal dari sekolah, dari mulai membaca, menulis, menyimak, mendengarkan, memahami, dan lain sebgaianya.

    Semua berawal dari kita sekolah, sehingga gerakan literasi sekolah adalah gerakan yang membuat anggta masyarakat sekolah memilki sadar akan halnya membaca.

    Lalu tujuannya apa? Nah, tujuannya adalah untuk menumbuhkembngkan budi pekerti peserta didik lewat pemberdayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan di dalam gerakan literasi sekolah sehingga mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat.

    2. Pohon Literasi


    Pasti ada yag belum tahu mengenai pohon literasi itu apa, nah yang dimaksud dari pohon literasi ini adalah suatu bentuk gambaran pohon yang berupa tempelan-tempelan kertas yang disengaja berbentuk pohon, nah pada bagian daunnya itu tertulis nama buku yang pernah di baca atau penggalan isi buku yang pernah dibaca. Semakin banyak daun, berarti semakin banyak buku yang telah dibaca.

    Dengan mengaplikasikan atau mempraktekkan hal ini maka akan meningkatkan belajar anak serta membaca akan disukai, jika perlu tempelen-tempelan kertas tersebut berwarna-warni atau memilih warna yang menarik, sehingga akan lebih memancing day atarik anak. Pohon literasi bisa dibuat dngan bentuk dua dimensi atau tiga dimensi, sesuai dengan kebutuhan.

    Dalam pembuatan phon literasi, Anda bisa gunakan literasi digital maupun literasi media. Apa itu literasi digital dan media?, jika Anda lebih suka untuk membuatnya dengan digital maka gunakan literasi digital, dengan hanya membutuhkan alat yaitu komputer, dengan software corel draw maupun photo shop, namun untuk literasi media, Anda gunakan media apapun itu ya sepeti tempelan-tempelan kertas.

    3. Budaya Literasi

    Berbicara mengenai budaya, budaya adalah aktivitas yang terbiasa dan sudah dilakukan dari dulu hingga sekarang atau dapat juga disebut dengan turun temurun.

    Jika Anda tahu bahwa Indonesia sangatlah rendah dalam minat membaca, maka diharapkan dengan adanya literasi maka generasi Indonesia memiliki daya tarik untuk mmebaca sehingga menjadi budaya literasi.

    Budaya literasi ini menjadi sangat penting ketika Indonesia mendapatkan rating yang sangat mengkhawatirkan dalam membaca. Sebenarnya budaya literasi sudah ada sejak dulu sebelum kita karena membaca dan menulis adalah tanda kemajuan sebuah peradaban dunia.

    Maka program budaya literasi ini diharapkan harus dilaksanakan disekolah karena tugas guru selain mendidik juga menggiatkan gerakan literasi baca tulis di sekolah mereka.

    Sumber:
    https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/literasi-ini-pengertian-tujuan-dan-contohnya/
    https://sevima.com/pengertian-literasi-menurut-para-ahli-tujuan-manfaat-jenis-dan-prinsip/
    https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5527159/6-jenis-literasi-yang-perlu-dikuasai-mahasiswa
    https://ilfiwomen.org/literasi-adalah/

    Posting Komentar

    0 Komentar