SiPen News

6/recent/ticker-posts

Jadwal Pelajaran Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Jenjang SD

Daftar Isi [Tampil]

    Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Salam sejahtera untuk kita semua.

    Dalam Kurikulum Merdeka pembelajaran akan dikembalikan ke dalam pendekatan mata pelajaran. Artinya dalam penyusunan jadwal akan menggunakan pembagian waktu per minggu. Tentu hal ini akan memudahkan guru. pendidik dalam menyusun jadwal pelajaran yang berbeda dengan jadwal Kurikulum 2013 yang mana untuk menyusunnya harus memperhatikan Rincian Minggu Efektif dan Hari Efektif.

    Untuk penyusunan terdiri dari tiga pilihan pembagian waktu untuk projek pengutaan profil pelajar Pancasila yaitu:

    Per Jam

    Guru mengalokasikan 1-2 jam di akhir hari dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran pertama guru tidak harus melibatkan guru mata pelajaran lain dalam melakukan proyeknya. Khusus untuk mengerjakan proyek bisa digunakan untuk eksplorasi di sekitar satuan pendidikan sebelum peserta didik pulang.

    Per Hari

    Guru mengalokasikan waktu dan menentukan satu hari dalam seminggu untuk pelaksanaan proyek. Jadi dalam satu hari seluruh jam belajar pada hari itu digunakan untuk proyek. Dalam kegiatan ini guru kelas harus berkoordinasi dengan guru mata pelajaran untuk menentukan jenis proyek yang sesuai dengan materu ajar.

    Per Periode

    Guru mengalokasikan dan mengumpulkan serta memadatkan pelaksanaan tema dalam satu periode waktu misalnya dalam setengah semester digunakan 1 minggu untuk pelaksanaan proyek di mana semua guru dan beberapa kelas bisa berkolaborasi.

    Berikut dibagikan link Contoh Jadwal Pelajaran Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) untuk jenjang SD.

    Jadwal Pelajaran IKM SD Kelas 1 (UNDUH DISINI)

    Jadwal Pelajaran IKM SD Kelas 4 (UNDUH DISINI)

    Silahkan bisa dishare ke rekan-rekan guru bapak/ibu. Semoga bisa memberi manfaat dan kemaslahatan bersama. Amin

    Sumber: datadikdasmen.com



    Posting Komentar

    0 Komentar