SiPen News

6/recent/ticker-posts

BDR Kelas 5 SD Semester 1 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 4

Daftar Isi [Tampil]

    A. Denah

    Denah merupakan gambaran tentang tata letak dalam suatu ruangan atau tempat. Gambaran yang lebih luas dibandingkan dengan denah adalah peta. Peta merupakan gambaran dengan menggunakan skala tertentu mengenai suatu daerah.

    Berikut contoh denah.

    B. Kondisi Geografis Pulau Jawa


    Pulau Jawa merupakan salah satu pulau besar di Indonesia. Pulau Jawa memiliki luas 6,66% dari luas total wilayah Indonesia. Secara geografis, Pulau Jawa berbatasan langsung dengan Laut Jawa di sebelah utara. Selat Bali di sebelah timur. Samudra Hindia di sebelah selatan, dan Selat Sunda di sebelah barat.

    Pantai yang berada di Pulau Jawa memiliki tipe yang beragam. Pantai di sebelah utara umumnya pantai landai, misalnya Pantai Ancol di Jakarta. Adapun pantai di sebelah selatan Pulau Jawa merupakan pantai curam, seperti Pantai Parangtritis di Yogyakarta. Pulau Jawa juga memiliki beberapa gunung. Gunung tertinggi di Pulau Jawa adalah Gunung Semeru (3.676 mdpl) di Jawa Timur. Sedangkan sungai terpanjang dan terbesar adalah Sungai Bengawan Solo di Jawa Tengah sampai Jawa Timur.

    C. Makna Gotong Royong

    Gotong royong menjadi ciri khas masyarakat Indonesia. Gotong royong biasa dilakukan dengan kerja bakti. Dengan mengamalkan gotong royong pekerjaan akan terasa ringan. Salah satu nilai hidup yang dapat diperoleh dari gotong royong adalah persatuan. 

    Gotong royong dapat memunculkan sikap saling membantu. Dari sinilah akan terjalin nilai persatuan antarmasyarakat untuk menghadapi segaka sesuatu secara bersama-sama. Manfaat yang sangat penting dari gotong royong adalah pekerjaan akan terasa lebih ringan. Gotong royong membuat segala sesuatu yang dikerjakan tidak akan terasa berat.

    Penugasan!

    Kerjakan tugas di bawah ini dengan benar dan disiplin!


    1. Apa hubungan makna gotong royong dengan tarian dalam video di atas?

    2. Subscribe dan beri komentar video di atas! (Screenshot bukti dan kirim wali kelas)

    3. Buatlah denah rumah impianmu! (Beri warna berbeda dan gambar jika diperlukan)

    Posting Komentar

    0 Komentar