SiPen News

6/recent/ticker-posts

BDR Kelas 4 SD Semester 1 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 5 & 6

Daftar Isi [Tampil]

     Cara Membuat Ringkasan

    1. Membaca Naskah Asli

        a. Membaca naskah asli sekali atau dua kali, kalau perlu berulang kali hingga kamu paham.

        b. Mengetahui kesan umum (inti) tulisan.

        c. Mengetahui maksud dan sudut pandang penulis naskah asli.

    2. Mencatat Gagasan Utama

        a. Membaca tulisan bagian demi bagian sambil mencatat gagasan pokok.

        b. Menggunakan gagasan pokok yang digunakan untuk menyusun ringkasan.

    3. Gunakan Kalimat Baru

        a. Menggunakan kesan umum (inti) untuk membuat ringkasan.

        b. Menyesuaikan urutan isi dengan naskah asli.

        c. Menggunakan kalimat baru dalam ringkasan.

        d. Menggambarkan tulisan asli dalam kalimat baru.

    4. Ketentuan Tambahan

        a. Menyusun ringkasan dalam kalimat tunggal.

        b. Meringkas kalimat menjadi frasa, frasa menjadi kata.

    Bacalah teks berikut ini!

    Festival Budaya Seni Mahakam

    Festival tahunan ini berlokasi di Samarinda, ibukota Provinsi Kalimantan Timur, dan semua kegiatan dipusatkan di Sungai Mahakam. Berbagai lomba dan pertunjukan seni dan budaya menjadi suguhan menarik selama Festival Mahakam berlangsung.



    Festival Mahakam 2018 akan digelar pada 2-4 November 2018, dan memasuki tahun penyelenggaraan ke-18 sejak digelar pertama kali pada 1999. Event ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Samarinda dan didukung sepenuhnya oleh Kementerian Pariwisata. Tujuannya tentu saja untuk mempromosikan Sungai Mahakam dan Kota Samarinda, yang diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

    Salah satu lomba yang khas dan menarik dalam festival adalah lomba renang menyeberangi Sungai Mahakam. Lomba yang paling ditunggu-tunggu ini biasanya diikuti oleh sekitar 100 peserta. Lombanya dibagi dalam kelas junior dan senior serta kategori putra dan putri.

    Lomba-lomba lainnya yang tak kalah menarik di antaranya balap perahu tambangan, balap power boating, perahu naga, perahu dompeng, dan balap jetski. Dalam lomba-lomba balap ini, pengunjung akan menyaksikan para peserta menunjukkan kelihaian mengemudi mereka  ketika berpacu dalam kecepatan tinggi di Sungai Mahakam.

    Tak hanya di sungainya, berbagai tontonan dan hiburan juga ditampilkan di tepian Sungai Mahakam, termasuk seni dan budaya khas daerah-daerah di Kalimantan Timur. Festival band, pentas musik dangdut, bazar kuliner, pawai budaya dan beberapa acara lainnya turut memeriahkan festival yang berlangsung selama tiga hari itu.

    Tak ketinggalan, Mahakam Sampe Music Festival akan menampilkan berbagai petunjukan musik dengan menggunakan sampe atau sape, alat musik tradisional suku Dayak. Para pemusiknya berasal dari sejumlah wilayah di Kalimantan. Selain itu, ada pula penampilan seni-budaya Tajong Samarinda, parade penari Hudoq (tarian tradisional Dayak), dan lomba tari kreasi daerah pedalaman. 

    Sumber: https://festival-indonesia.id/festival/Festival-Mahakam-2018

    Penugasan!

    Kerjakan tugas di bawah ini dengan benar dan disiplin!

    1. Buatlah ringkasan dari cerita "Festival Budaya Seni Mahakam"! Berilah gambar pendukung kegiatan yang ada dalam kesenian Mahakam.

    Posting Komentar

    0 Komentar