SiPen News

6/recent/ticker-posts

BDR Kelas 4 SD Semester 1 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3

Daftar Isi [Tampil]

    A. Bunyi 

    Bunyi dapat terdengar jika memenuhi syarat sebagai berikut.

    1. Ada sumber bunyi

    2. Ada media penghantar

    3. Ada pendengar

    Bunyi merambat melalui media perantara zat padat, cair, dan gas. Bunyi tidak dapat merambat tanpa adanya media perantara. Bunyi merambat melalui zat padat dan zat cair akan terdengar lebih jelas dibandingkan bunyi yang merambat melalui udara.

    B. Menentukan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung

    Gagasan utama sebuah paragraf menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. Gagasan utama terletak pada kalimat utama sebuah paragraf.

    Gagasan pokok paragraf itu mengandung topik permasalahan, memiliki arti yang jelas, dibentuk tanpa kata sambung, dan sebagai kesimpulan suatu paragraf.

    Contoh:

        Dalam menyambut hari kemerdekaan Indonesia, menteri pariwisata dan ekonomi kreatif (MANPAREKRAF) mengadakan pawai seni dan budaya kreatif. Acara yang diisi oleh sekitar 3000 seniman itu diikuti oleh 34 provinsi dan 3 komunitas, yaitu komunitas Reog Pawitandirogo, Polisi Ciliki dari Bekasi, dan Jember Fashion Karnaval.

    Pada paragraf tersebut gagasan utamanya adalah 'menteri pariwisata dan ekonomi kreatif (MANPAREKRAF) mengadakan pawai seni dan budaya kreatif'. Gagasan pendukung yaitu 'Acara yang diisi oleh sekitar 3000 seniman itu diikuti oleh 34 provinsi dan 3 komunitas'.

    Penugasan!

    Kerjakan tugas di bawah ini dengan benar dan disiplin!

    1. Sebutkan masing-masing 1 contoh bunyi merambat melalui zat padat, cair, dan gas!

    2. Tentukan gagasan pokok dari bacaan di bawah ini!

            Proklamasi Kemerdekaan Indonesia menjadi pertanda bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang merdeka dan lepas dari penjajahan. Namun setelah apa yang pernah dilakukan ketika menjajah Indonesia, tentunya Belanda tidak mau mengakui kemerdekaan Indonesia. Berbagai upaya dilakukan untuk merebut kembali Indonesia.  Perlawanan pun terus dilakukan oleh pejuang Indonesia, baik secara fisik maupun diplomatik.

    Posting Komentar

    0 Komentar