SiPen News

6/recent/ticker-posts

BDR Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 2

Daftar Isi [Tampil]

    BDR Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 2

    Kapal Feri

    Kapal feri merupakan kapal yang memenuhi syarat-syarat pelayaran di laut dan dipakai untuk menyelenggarakan perhubungan tetap; misalnya antar pulau. Kapal feri mempunyai peranan penting dalam sistem pengangkutan bagi banyak kota pesisir pantai, membuat transit langsung antar kedua tujuan dengan biaya lebih kecil dibandingkan jembatan atau terowongan. Kapal feri terutama digunakan untuk sarana penyeberangan, termasuk menyeberangkan kendaraan darat.


    sumber:pegipegi

    Perhubungan dengan kapal feri cukup berperanan di Indonesia; antara lain penyeberangan di Selat Sunda antara Merak, Banten dengan Bakauheni, Lampung, penyeberangan di Selat Bali antara Ketapang, Jawa Timur dengan Gilimanuk, Bali, dan sebagainya. Kapal feri terutama digunakan untuk sarana penyeberangan, termasuk menyeberangkan kendaraan darat.

    Kapal feri dibedakan menjadi beberapa jenis sebagai berikut.

    1. Kapal Feri Ujung Ganda

    Feri ujung-ganda memiliki bagian depan dan belakang yang dapat ditukar, sehingga feri ini dapat berlayar bolak-balik tanpa harus memutar. Feri ujung-ganda yang terkenal termasuk Feri Pulau StatenFeri negara bagian WashingtonFeri Star. Pada 2008, Feri BC meluncurkan tiga feri ujung-ganda terbesar di dunia.

    2. Kapal Feri Hydrofoil

    Hydrofoil digunakan karena kelebihannya untuk melaju pada kecepatan tinggi, menggantikan hovercraftHydrofoil juga terbukti sebagai solusi praktis, mudah, cepat dan ekonomis.

    3. Kapal Feri Hovercraft

    Hovercraft dikembangkan tahun 1960-an dan 1970-an untuk membawa mobil. Yang terbesar adalah SR.N4. Hovercraft digantikan oleh katamaran yang hampir sama cepat tetapi lebih tidak terpengaruh oleh keadaan laut dan cuaca

    4. Kapal Feri Catamaran

    Katamaran biasanya dihubungkan dengan feri kecepatan tinggi. Jalur Stena mengoperasikan katamaran terbesar di dunia, kelas Stena HSS, antara Kerajaan Bersatu dan Irlandia. Kendaraan jet air dapat menampung 375 kendaraan penumpang dan 1.500 penumpang. Contoh katamaran lainnya adalah Feri Britani dengan Normandie Express dan Normandie Vitesse.

    5. Kapal Feri Cable Ferry

    Untuk Jarak yang dekat dapat digunnakan feri kabel, di mana feri digerakkan dan di kendalikan dengan menggunakan kabel yang disambung di kedua sisi. Kadang kala feri kabel digerakkan menggunakan tenaga manusia. Feri arus adalah feri kabel yang menggunakan kekuatan arus sebagai sumber energi. Feri rantai dapat digunakan di sungai yang berarus laju pada jarak pendek.

    Menjaga Keselamatan Orang Lain di Pantai

    Berikut beberapa cara yang dilakukan untuk menjaga keselamatan orang lain di pantai.

    1. Memperhatikan teman yang bermain di pantai.

    2. Menemani teman melakukan kegiatan di pantai.

    3. Mengingatkan teman jika ada ombak besar.

    4. Mengingatkan teman agar tidak berenang terlalu jauh ke laut.

    5. Menyingkirkan benda tajam yang ada di dalam air.

    LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

    Sebarkan link:

    Posting Komentar

    0 Komentar