SiPen News

6/recent/ticker-posts

BDR Kelas 3 SD Semester 2 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 4

Daftar Isi [Tampil]

    BDR Kelas 3 SD Semester 2 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 4

    Permainan Arung Jeram

    Salah satu permainan pramuka adalah arung jeram yang bertujuan untuk melatih kekuatan kaki dan meningkatkan kekompakan regu. Sebelum bermain, sebaiknya kita melakukan latihan kaki.

    1. Latihan Kaki 1

        Duduklah dengan kaki selonjor. Letakkan tangan di belakang badan. Angkat kedua tungkai lurus ke atas. Letakkan kembali kaki di atas matras. Lakukan latihan ini berulang-ulang hingga mahir.

    2. Latihan Kaki 2

        Duduklah berselonjor lalu letakkan tangan di pinggang. Angkatlah tangan dan kaki secara bersamaan ke atas. Ulangi gerakan ke posisi awal. Lakukan latihan ini berulang-ulang.

    3. Latihan Kaki 3 

        Duduklah berselonjor lalu kaki diangkat ke atas. Peganglah kedua kakimu dan jagalah keseimbangan tubuh. Pertahankan sikap ini beberapa saat dan ulangi kembali.

    Makna dan Arti Lambang Garuda Pancasila

    Lambang Garuda Pancasila menggambarkan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar dan kuat. Setiap bagian pada Garuda Pancasila memiliki makna dan arti tersendiri. Warna keemasan di burung Garuda menggambarkan kejayaan dan keagungan. Sayap, paruh, cakar, dan ekor burung Garuda melamnbangkan tenaga dan kekuatan pembangunan.

    Banyak bulu yang terdapat pada Garuda Pancasila menunjukkan tanggal kemerdekaan Indonesia, yaitu 17 Agustus 1945. Banyak bulu pada masing-masing sayap adalah 17, yang melambangkan tanggal 17. Banyak bulu pada ekor adalah 8, yang melambangkan bulan kedelapan (Agustus). Banyak bulu di bawah perisai/pangkal ekor adalah 19 dan di leher adalah 45, yang melambangkan tahun 45.

    Pada bagian dada Garuda Pancasila, terdapat perisai berwarna hitam. Perisai melambangkan perlindungan, pertahanan, dan perjuangan diri untuk mencapai tujuan. Pada perisai tersebut terdapat lima buah simbol yang mewakili setiap sila Pancasila.

    LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

    Baca Juga:

    1. Materi Kelas 1 Semester 2 

    2. Materi Kelas 2 Semester 2 

    3. Materi Kelas 3 Semester 2

    4. Materi Kelas 4 Semester 2

    5. Materi Kelas 5 Semester 2

    6. Materi Kelas 6 Semester 2

    Posting Komentar

    0 Komentar