SiPen News

6/recent/ticker-posts

BDR Kelas 3 SD Semester 2 Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 5

Daftar Isi [Tampil]

    BDR Kelas 3 SD Semester 2 Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 5

    Pergi dengan Alat Transportasi

    Banyak orang memiliki alat transportasi pribadi. Yaitu, alat transportasi yang digunakan untuk diri sendiri. Ada yang memiliki sepeda, sepeda motor, dan mobil.

    Ada juga orang yang tidak memiliki alat transportasi pribadi. Mereka menggunakan alat transportasi umum. Yaitu, alat transportasi yang dipakai bersamasama. Ada angkutan kota, bus, dan kereta. Alat transportasi dapat menguntungkan dan merugikan. Alat transportasi memudahkan manusia pergi dari satu tempat ke tempat lain. Namun, alat transportasi yang terlalu banyak di jalan menyebabkan kemacetan. Selain itu, asapnya membuat udara kotor.

    Kerugian dapat dikurangi dengan menggunakan alat transportasi umum. Alat transportasi umum dapat mengurangi penggunaan alat transportasi pribadi. Oleh karena itu, alat transportasi umum dapat mengurangi kemacetan dan udara kotor. Saat ini, banyak orang di kota mulai menggunakakan alat transportasi umum bus dan kereta.  

    Menghitung Keliling 

    Tono adalah teman Ardi yang ikut pergi ke kebun binatang. Tono memilih pergi ke kebun binatang dengan menaiki bus kota. Selain nyaman dan murah, naik angkutan umum juga bermanfaat untuk mengurangi jumlah kendaraan yang ada di jalan sehingga tidak menjadi macet. Sepanjang perjalanan di dalam bus, Tono memperhatikan jendela pintu bus. Benda-benda tersebut berbentuk bangun datar. Tono pun berpikir untuk menghitung keliling dari benda-benda yang ia lihat di dalam bus tersebut.

    1. Jendela bus berbentuk persegi panjang berukuran 25 cm dan 40 cm.

        Keliling jendela bus = 25 cm + 40 cm + 25 cm + 40 cm = 130 cm.

    2. Pintu bus berbentuk persegi panjang berukuran 220 cm dan 100 cm.

        Kelilng pintu bus = 220 cm + 100 cm +220 cm + 100 cm = 640 cm.

    LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

    Baca Juga:

    1. Materi Kelas 1 Semester 2 

    2. Materi Kelas 2 Semester 2 

    3. Materi Kelas 3 Semester 2

    4. Materi Kelas 4 Semester 2

    5. Materi Kelas 5 Semester 2

    6. Materi Kelas 6 Semester 2

    Posting Komentar

    0 Komentar