SiPen News

6/recent/ticker-posts

BDR Rangkuman Materi Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 3

Daftar Isi [Tampil]

    BDR Rangkuman Materi Kelas 5 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 3

    Usaha Ekonomi Perseorangan

    Usaha yang dikelola sendiri disebut usaha perorangan. Usaha ekonomi ini memiliki modal terbatas dan biasanya dikelola secara sederhana. Contoh usaha ekonomi perorangan sebagai berikut.

    1 Usaha Pertanian

    Sebagian besar usaha pertanian dikelola secara perorangan. Usaha ini memiliki modal terbatas. Lahan yang digarap petani biasanya terbatas, lahan persawahan dan tegalan. Namun, ada juga usaha pertanian yang dilakukan secara besar-besaran. Negara kita adalah negara agraris hasil tanah pertanian Indonesia antara lain padi, jagung, ubi, tembakau, kelapa sawit, cengkeh, kayu putih, lada, dll.

    2. Usaha Perdagangan

    Usaha perdagangan secara perorangan biasanya berskala kecil dan sedang. Contoh usaha perdagangan antara lain, pedagang asongan, pedagang keliling, pedagang kaki lima, pedagang di pasar, warung, dan toko kelontong.

    3. Usaha Jasa

    Banyak usaha jasa yang dikelola secara perorangan, contohnya usaha salon, fotokopi, bengkel, potong rambut, dan penjualan pulsa.

    4. Industri Kecil 

    Sektor industri yang dikelola perorangan merupakan industri rumahan. Contoh industri rumahan antara lain usaha kerajinan tangan berupa pembuatan keramik, souvenir, tembikar, anyaman, dan mebel.


    Bahan Tulisan Nonfiksi

    Informasi dan peristiwa sifatnya berdasarkan kenyataan dalam kehidupan sehari-hari dapat dijadikan bahan tulisan nonfiksi. Tujuannya untuk memberikan pengetahuan yang lebih detail mengenai sesuatu hal berbentuk objek benda atau objek peristiwa.

    Desa Unik di Bali 

    Bali merupakan tujuan wisata yang sangat terkenal, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Banyak hal yang membuat Bali menarik untuk dikunjungi wisatawan. Salah satu daya tarik Bali adalah adanya beberapa desa unik. Desa apa sajakah itu? Apa keunikannya? Bacalah penjelasan berikut.

    1. Desa Tenganan 


    sumber: telusurbali.com

    Desa Tenganan terletak di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem di sebelah timur Pulau Bali. Desa Tenganan merupakan salah satu desa tertua di Bali. Masyarakat desa ini masih menjunjung tinggi nilai adat dan budaya. Desa Tenganan merupakan salah satu Desa Bali Aga (desa asli suku Bali). Desa ini terkenal dengan kesederhanaannya. 

    2. Desa Trunyan 


    sumber: desawisatadibali.com

    Desa Trunyan terletak di pinggir Danau Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali Utara. Keunikan desa ini adalah tradisi pemakamannya. Pada masyarakat Hindu Bali, jenazah orang meninggal akan dibakar atau yang disebut ngaben. Namun, di Desa Trunyan jenazah orang meninggal hanya diletakkan di atas tanah di dalam gua, bahkan di atas pohon. Tradisi ini mereka sebut dengan istilah mepasah. 

    3. Desa Penglipuran 


    sumber: rentalmobilbali.net

    Desa Penglipuran terletak di Kabupaten Bangli, lebih kurang 45 km dari Kota Denpasar. Desa ini memiliki struktur bangunan yang teratur dan rapi. Masyarakat Desa Penglipuran tidak pernah melepaskan adat dan budaya yang berlaku turun-temurun. Oleh karena itu, masyarakat Desa Penglipuran banyak melakukan acara adat, seperti pemasangan dan penurunan odalan serta perayaan Galungan, dan hari besar lainnya. 

    LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

    Sebarkan link:

    Posting Komentar

    0 Komentar