SiPen News

6/recent/ticker-posts

BDR Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 5

Daftar Isi [Tampil]

    BDR Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 5

    Hari ini Beni kedatangan tamu istimewa. Tamu itu adalah Bang Andi. Dia adalah saudara sepupu Beni yang berada di Jepang. Beberapa waktu yang lalu, Ayah menunjukkan surat dari Bang Andi. Bang Andi mengirimkan surel kepada Ayah. Beni membacanya melalui komputer milik Ayah.

    Bacalah isi surat yang ditulis oleh Bang Andi!

    Hai, Paman! Apa kabar? Sudah lama, ya, kita tidak bertemu. Melalui surat ini, aku ingin memberi kabar bahwa pada tanggal 17 Agustus nanti, aku akan pulang ke Indonesia. Aku tak sabar ingin bertemu keluarga di sana. Aku rindu suasana di Indonesia. 

    Aku bersyukur kini teknologi semakin maju. Manfaatnya banyak sekali. Walaupun aku berada di Jepang, aku tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga di Indonesia. Banyak cara yang aku gunakan untuk berkomunikasi. Kadang, aku mengirim pesan singkat melalui ponsel. 

    Jika ingin mendengar suara ibu atau ayah, aku menelepon mereka. Jika rindu ingin melihat kegiatan mereka secara langsung, aku menggunakan panggilan video. Kini, jarak tak lagi masalah untuk melakukan komunikasi.

    Demikian informasi dariku. Sampaikan salamku untuk Bibi dan Beni. Katakan pada Beni kalau aku akan datang dan mengajaknya bermain. Terima kasih, Paman. Sampai jumpa…

    Menghitung Keliling


    Pada gambar di atas, satu sisi persegi menunjukkan satu satuan panjang. Keliling bidang berwarna merah adalah 9 satuan panjang, sedangkan keliling seluruh permukaan adalah 20 satuan panjang. 

    Pancasila Sila Ketiga

    Indonesia adalah Negara yang kaya. Indonesia memiliki sekitar 17.000 pulau. Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang memiliki adat dan kebiasaan berbeda. Indonesia memiliki dasar Negara, yaitu Pancasila. Sila ketiga Pancasila menjadi landasan agar kita selalu hidup rukun. Semboyan bangsa Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika. Artinya berbeda-beda, namun tetap satu. Semboyan ini kita temukan pada lambang negara Indonesia, Burung Garuda. Indonesia memiliki bermacam budaya yang berbeda, namun semua saling menghargai. Walaupun memiliki perbedaan dalam kebiasaan sehari-hari, pertengkaran dapat dihindari jika kita mau saling memahami. Hal tersebut merupakan pengamalan sila ketiga dari Pancasila.

    LATIHAN SOALNYA (KLIK DISINI)

    Sebarkan link:

    Posting Komentar

    0 Komentar