SiPen News

6/recent/ticker-posts

Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 6

Daftar Isi [Tampil]

    Rangkuman Materi Kelas 3 Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 6 

    A. Biogas

    Ada banyak hewan di sekitar kita. Hewan di sekitar sangat bermanfaat. Daging hewan bisa menjadi makanan untuk manusia. Tenaga hewan dapat digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Kulit hewan dapat digunakan sebagai bahan membuat pakaian. Bahkan limbah kotoran hewan pun dapat dimanfaatkan.

    Semakin banyak penduduk semakin meningkat pula kebutuhan energi. Lama kelamaan energi bahan bakar minyak akan habis. Penggunaan limbah kotoran hewan untuk menggantikan bahan bakar minyak perlu diupayakan. Untuk menjaga ketersediaan energi bagi masyarakat.

    Biogas adalah energi alternatif yang memanfaatkan gas dari limbah kotoran hewan. Gas dari limbah kotoran sapi adalah salah satu contohnya. Limbah kotoran sapi dimanfaatkan dalam dua cara. Gas dari limbah kotoran digunakan sebagai sumber energi untuk penerangan atau memasak. Sisa limbah kotoran sapi akan digunakan untuk membuat pupuk. 

    B. Mengenal Waktu

    Perhatiakn contoh soal berikut!

    1. Ibu memiliki biogas yang dapat digunakan memasak selama 8 jam. Jika ibu memasak setiap hari selama 4 jam. Berapa hari biogas dapat digunakan?

    1 biogas = 8 jam

    1 hari = 4 jam

    .... hari = 8 jam

    .... hari = 8 : 4

                = 2 hari

    Jadi biogas dapat digunakan selama 2 hari.

    2. Seorang pedagang memiliki biogas yang dapat digunakan memasak selama 16 jam. Jika pedagang tersebut memasak setiap hari selama 4 jam. Berapa hari biogas dapat digunakan?

    1 biogas = 16 jam

    1 hari = 4 jam

    .... hari = 16 jam

    .... hari = 16 : 4

                = 4 hari

    C. Kewajiban terhadap Lingkungan

    Setiap orang memiliki hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan secara seimbang. Artinya kita menerima hak dengan baik dan menjalankan kewajiban dengan maksimal. Salah satu contohnya kita berhak menikmati udara yang sehat, lingkungan bersih dan memanfaatkan segala isi yang ada di dalam lingkungan, misalnya tumbuhan dan hewan. Adapun kewajiban kita adalah menjaga dan memelihara lingkungan seisinya dengan baik.


    Posting Komentar

    0 Komentar