SiPen News

6/recent/ticker-posts

PERUBAHAN AKIBAT PERUBAHAN SUHU

Daftar Isi [Tampil]

    Suhu menunjukkan derajat panas benda. Semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut. Suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Energi panas dapat mengubah benda. Beberapa benda akan mengalami pemuaian. Pemuaian panas adalah perubahan suatu benda yang dapat menjadi bertambah panjang, lebar, luas, atau berubah volumenya karena terkena kalor atau panas. Tetapi sebaliknya, benda dapat mengalami penyusutan. Penyusutan adalah perubahan suatu benda yang menjadi berkurangnya panjang, lebar, dan luas karena terkena suhu dingin. Pemuaian dan penyusutan bisa terjadi pada logam, udara, dan air. 

    Berikut ini adalah beberapa contoh pemuaian dan penyusutan benda karena perubahan suhu dalam kehidupan sehari-hari.

    1. Pemasangan Kaca Jendela



    Para tukang kayu selalu merancang ukuran bingkai jendela yang sedikit lebih lebar dari ukuran sebenarnya. Mengapa harus demikian? Hal ini dilakukan oleh tukang kayu dengan tujuan untuk memberikan ruang pemuaian bagi kaca saat terkena panas. Jika bingkai jendela tidak diberi ruang pemuaian, maka ketika terkena panas akan mengakibatkan kaca menjadi retak atau bahkan pecah. Hal ini juga untuk menghindari keretakan kaca saat ada bunyi yang menggelegar seperti ketika ada petir, atau bunyi keras lainnya.

    2. Ban Sepeda/Motor dan Mobil
    Tahukah kamu apa yang terjadi ketika kamu memompa udara terlalu banyak ke dalam ban sepedamu? Jika ban sepeda, ban sepeda motor, dan ban mobil, diisi udara terlalu banyak, maka ban akan mengeras dan menjadi tidak nyaman dikendarai. Selain itu, mengisi udara terlalu penuh ke dalam ban sepeda atau mobil akan membahayakan pengemudinya. Ban yang diisi terlalu banyak udara dapat meletus dan dapat mengakibatkan kecelakaan. Hal ini disebabkan karena udara di dalam ban dapat memuai karena panas.

    3. Kawat/kabel Listrik dan Telepon 

    Sumber: beritagar.id


    Apakah kamu memperhatikan bahwa kawat atau kabel telepon dan listrik terlihat mengendur dan tidak tegang? Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kawat atau kabel tidak putus pada malam hari ketika mengalami penyusutan. Selain itu, agar kawat atau kabel tidak putus jika tertimpa pohon yang tumbang.

     4. Pemuaian yang Terjadi pada Gelas Kaca
    Pernahkah kamu melihat sebuah gelas kaca yang tiba-tiba pecah atau retak ketika dituangi air panas? Hal ini terjadi karena adanya pemuaian yang tidak merata pada bagian gelas. Oleh karena itu, disarankan agar tidak menuangi gelas basah atau gelas dingin dengan air panas yang baru mendidih.

    5. Pemuaian pada Sambungan Rel Kereta Api
    Sambungan pada rel kereta api, dibuat ada celah antara dua batang rel. Hal ini dilakukan untuk memberikan ruang muai sehingga saat terkena panas, rel tersebut tidak melengkung. Rel yang melengkung akan membahayakan gerbong kereta yang melewatinya.
    (Sumber: Buku Siswa Kelas 5 K13; 
    https://www.pakmono.com/http://ariefcooza.blogspot.com/; dengan penyesuaian)

    Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar!

    1. Rel kereta api dipasang tidak rapat, karena …

    2. Ayah memarkir sepedanya di halaman rumah saat panas terik. Setelah beberapa saat, ban sepeda ayah meletus. Hal tersebut disebabkan oleh …

    3. Ibu membuat air teh menggunakan menggunakan gelas kaca biasa. Saat ibu memasukkan air panas ke dalam gelas, tiba-tiba gelas pecah. Hal ini disebabkan …

    4. Kabel listrik akan mengalami pemuaian pada waktu ….

    5. Mengapa kaca jendela dibuat renggang?


    Posting Komentar

    0 Komentar