SiPen News

6/recent/ticker-posts

Materi Sumber Daya Alam Hayati (Hewan dan Tumbuhan)

Daftar Isi [Tampil]

     

    Sumber Daya Alam Hayati (Hewan dan Tumbuhan)

    A. Sumber Daya Alam berupa Tumbuhan

    Tumbuhan bisa dibedakan berdasarkan asalnya. Ada tumbuhan hasil hutan yang tumbuh alami, dan ada tumbuhan yang hasil pertanian dan perkebunan. 

        1. Tumbuhan hasil hutan 

    Hutan menjadi rumah bagi berbagai jenis pohon. Ada jati, pinus, damar, mahoni, dan cendana. Banyak juga berbagai tumbuhan dan bunga yang bermanfaat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Bagi manusia, hutan tak hanya menghasilkan bahan pangan, sandang, dan papan. 

    Hutan juga menjaga keseimbangan alam sehingga manusia bisa hidup dengan nyaman. Hutan menyimpan air, menjaga keseimbangan air, dan menghasilkan oksigen. 

        2. Tumbuhan hasil pertanian dan perkebunan 

    Setelah manusia menemukan cara menghasilkan pangan dengan bercocok tanam, dibuatlah pertanian dan perkebunan. 

    Hasil pertanian contohnya padi, palawija, rempah-rempah, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Sementara hasil perkebunan contohnya kapas, karet, kelapa sawit, teh, kopi, cokelat, dan tebu.


    B. Sumber Daya Alam berupa Hewan

    Berdasarkan cara hidupnya, hewan dikelompokkan menjadi hewan liar dan hewan peliharaan atau hewan ternak. 

        1. Hewan liar 

    Hewan liar adalah hewan yang hidup di alam bebas. Hewan liar masih menjadi sumber pangan bagi sebagian orang yang hidup di pedalaman. Bagi manusia, hewan liar berfungsi menjaga keseimbangan alam. 

        2. Hewan peliharaan 

    Hewan peliharaan adalah hewan yang dijinakkan oleh manusia untuk diambil manfaatnya. Dahulu kala, manusia menjinakkan kuda dan unta agar bisa dijadikan alat transportasi. Kemudian ada hewan peliharaan yang tinggal bersama manusia di rumah. Contohnya anjing, kucing, burung, ikan hias, dan kelinci. 

    Sementara hewan ternak dikembangbiakkan di peternakan sebagai sumber pangan. Contohnya ayam, sapi, kerbau, kambing, dan ikan. Berbagai hasil olahan hewan contohnya susu dari sapi, telur dari ayam, madu dari lebah, dan kotoran hewan sebagai pupuk.

    Sumber:

        www.kompas.com

        www.suara.com


    Posting Komentar

    0 Komentar