SiPen News

6/recent/ticker-posts

Materi Konduktor dan Isolator SD

Daftar Isi [Tampil]

    Konduktor dan Isolator

    Benda berdasarkan kemampuannya dalam menghantarkan panas dibedakan menjadi 2 macam, yaitu konduktor dan isolator. Konduktor adalah benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik, misalnya benda yang terbuat dari logam seperti paku atau kawat. Isolator adalah benda yang sulit menghantarkan panas, misal kayu dan plastik.

    Benda yang ada di sekitar kita terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Ada yang terbuat daru kayu, plastik, logam, dan lainnya. Bahan-bahan tersebutlah yang menentukan kemampuan benda dalam menghantarkan panas. Seperti yang telah dijelaskan di atas, kemampuan setiap benda dalam menghantarkan panas berbeda-beda. Hal tersebut disebabkan karena sifat yang dimiliki bahan yang menyusunnya berbeda.

    1. Logam

    Logam merupakan bahan yang memeiliki sifat keras dan mengkilap, serta tahan suhu yang sangat tinggi. Logam dapat menghantarkan panas dengan baik. Salah satu pemanfaatan lodam adalah dibuatnya wajan untuk kegiatan memasak ikan. Logam nantinya akan menghantarkan panas api dari kompor menuju kemasakan hingga menyebabkan ikan yang digoreng menjadi matang. Beberapa jenis logam antara lain, besi, baja, alumunium, tembaga, kuningan, dan nikel.

    2. Kaca

    Ketika membuat segalas susu panas. Gelas yang digunakan akan terasa panas. Hal ini menunjukkan gelas yang terbuat dari kaca dapat menghantarkan panas. Akan tetapi, kemampuan kaca dalam menghantarkan panas berbeda dengan kemampuan logam. Logam lebih baik dalam menghantarkan panas dibanding kaca. Selain itu tidak semua kaca tahan terhadap suhu tinggi. Bila dikenai suhu yang tinggi kaca dapat pecah. 

    3. Kayu

    Kayu merupakan bahan yang kuat, namun tidak dapat menghantarkan panas dengan baik, itu berarti kayu tergolong isolator baik. Sifat isolator yang baik ini dimanfaatkan untuk membuat pegangan pada penggorengan dan panci.

    4. Plastik

    Plastik juga tergolong isolator dikarenakan sulit menghantarkan panas. Plastik biasa dimanfaatkan untuk menbuat payung. Dengan demikian orang bisa berjalan di bawah terik panas matahari tanpa takut kepanasan.

    5. Kain

    Kain merupakan bahan baku untuk pakaian. Salah satu sifat kain adalah sulit menghantarkan panas. Selain dibuat menjadi pakaian, kain juga digunakan untuk pembuatan sarung tangan, untuk pengendara sepeda motor guna mencegah panasnya terik matahari.

    Sumber:

        Buku Prima Teman Kelas 5

        www.walhere.com



    Posting Komentar

    0 Komentar