SiPen News

6/recent/ticker-posts

MAKNA PROKLAMASI KEMERDEKAAN BANGSA

Daftar Isi [Tampil]

    Proklamasi kemerdekaan merupakan peristiwa bersejarah bagi Bangsa Indonesia, karenanya patutnya kita sebagai warga negara yang wajib tahu cara memaknai proklamasi kemerdekaan. Makna proklamasi kemerdekaan tak hanya sebatas pengakuan bebasnya Indonesia dari tangan penjajah. 

    Sumber: batasnegeri.com


    Proklamasi menjadi bukti Bangsa Indonesia menjadi negara bebas yang menentukan nasibnya sendiri, dan dapat membuat arah tujuan sendiri kemana bangsa ini akan dibawa.

    Berikut beberapa makna proklamasi kemerdekaan 

    1. Menaikkan Martabat Bangsa di Mata Dunia

    Makna proklamasi bagi Bangsa Indonesia yang pertama ialah sebagai simbol yang menunjukkan martabat bangsa dihadapan masyarakat internasional. Sebelum merdeka, status Bangsa Indonesia masih dianggap sebagai bangsa jajahan. Negara jajahan biasa dianggap rendah dan tidak memiliki banyak hal.

    Namun, pandangan tersebut berubah setelah Bangsa Indonesia berhasil melaksanakan proklamasi kemerdekaan dan mendeklarasikan diri sebagai Bangsa Indonesia yang merdeka dan bebas dari penjajahan. Indonesia menjadi negara bebas dengan martabat yang sama dengan bangsa-bangsa merdeka lainnya.

    2. Simbol Kedaulatan Negara

    Berikutnya, makna proklamasi kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia adalah simbol kedaulatan negara. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa setelah melaksankan proklamasi artinya Bangsa Indonesia bukan lagi sebagai bangsa yang terjajah tetapi sudah merdeka.

    Kemerdekaan itu membuat Indonesia sebagai negara memiliki kedaulatan ke luar dan ke dalam. Kedaulatan ini bermakna sebagai kekuasaan untuk mengatur urusan dalam negeri dan urusan luar negeri sehingga kedaulatan yang telah diakui membuat Indonesia setara dengan negara merdeka lainnya dalam menyelenggarakan pemerintahan.

    3. Pengakuan Secara De Facto

    Proklamasi kemerdekaan Bangsa Indonesia merupakan bentuk pernyataan De Facto bahwa Indonesia sudah bebas dan merdeka. De Facto merupakan istilah yang berarti kenyataan atau fakta. Ini berarti bahwa Indonesia telah secara nyata merdeka dan dapat dibuktikan secara nyata.

    Proklamasi menjadi pernyataan De Facto kepada dunia luar bahwa Indonesia telah menyatakan diri sebagai negara yang merdeka. Setelah pengakuan De Facto. Indonesia kemudian mendapatkan pengakuan De Jure atau pengakuan secara hukum tentang status kemerdekaannya.

    4. Peristiwa Lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia

    Makna proklamasi kemerdekaan Bangsa Indonesia yang pertama adalah sebagai tanda telah lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Proklamasi menjadi tonggak sejarah lahirnya Bangsa Indonesia. Proklamasi ibarat tiang utama perjuangan bangsa Indonesia untuk tetap mempertahankan kemerdekaan dan menjaga martabatnya Proklamasi juga menjadi akhir dari penderitaan rakyat akibat penjajahan.

    Setelah proklamasi sesegera mungkin wilayah Hindia Belanda diakui sebagai NKRI. Proklamasi menjadi tanda lainnya sebuah negara di mana konstitusi pemerintahan dan wilayah disahkan setalahnya.

    (Sumber: fimela.com)


    Tugas!

    1. Ringkaslah bacaan di atas!





    Posting Komentar

    0 Komentar