SiPen News

6/recent/ticker-posts

Gangguan Peredaran Darah Manusia

Daftar Isi [Tampil]



    Gangguan peredaran darah pada manusia dapat disebabkan oleh keturunan, kelainan bawaan, atau pola hidup tidak sehat, seperti banyak makanan berlemak, merokok, dan mengkonsumsi alkohol. Tidak sedikit penyakit ini dapat menyebabkan kematian. Berikut gangguan peredaran darah pada manusia.

    1. Anemia

    Gangguan ini disebabkan rendahnya kadar Hb (hemoglobin) dalam darah. Ciri penderita adalah mudah lelah, sering pusing, pucat, mata berkunang-kunang. Anemia dapat disebabkan oleh luka yang mengeluarkan banyak darah, kekurangan zat besi, dan adanya penyakit kanker tulang.

    2. Hipertensi (darah tinggi)

    Gangguan ini disebabkan keturunan dan pola hidup tidak sehat. Ciri penderita adalah pusing, jantung berdebar, sesak napas, mudah lelah, mudah marah. Besar kecilnya tinggi tekanan darah dapat diukur tensimeter.

    3. Hipotensi (darah rendah)

    Gangguan ini disebabkan diare, infeksi, dehidrasi, kekurangan nutrisi. Ciri penderita adalah pusing, sering pingsan. Umumnya sering pusing dalam posisi berdiri atau posisi duduk dari tidur.

    4. Kanker Darah (Leukimia)

    Penyakit ini disebabkan sel darah putih yang memperbanyak diri tanpa terkendali yang mengakibatkan sel darah putih ini memakan sel darah merah. Ciri penderita adalah demam, tubuh sering lelah meski sudah istirahat, berat badan drastis. 

    5. Hemofilia

    Penyakit ini menyebabkan kelainan menyebabkan darah sulit membeku jika terjadi luka. Penyakit ini disebabkan keturunan.

    6. Varises

    Penyakit ini disebabkan karena lama berdiri atau kerja yang banyak menggunakan kaki. Ciri penderita adalah pelebaran pembuluh balik (vena) yang umumnya terjadi di bagian betis. 

    7. Jantung konorer

    Penyakit ini disebabkan adanya penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh arteri konorer sehingga menyumbatnya. Penyakit ini disebabkan makanan yang banyak mengandung kolesterol.

    8. Stroke

    Penyakit ini disebabkan pecahnya pembuluh darah di otak sehingga saraf-saraf yang ada di otak tidak memperoleh cukup oksigen. Keadaan ini menyebabkan kerja saraf terganggu. Stroke biasanya diawali dengan penyakit hipertensi, dan penyakit jantung konorer.


    Sumber:

    1. https://kelasbuwahyu.wordpress.com/

    2. img: gooddoctor.co.id

    Posting Komentar

    0 Komentar