SiPen News

6/recent/ticker-posts

Produksi, Distribusi, dan Konsumsi

Daftar Isi [Tampil]

    Dalam kehidupan sehari-ari, kita tidak lepas dari kegiatan ekonomi. Apa saja kegiatan ekonomi yang dilakukan sehari-hari? Kegiatan ekonomi meliputi produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiga kegiatan ekonomi ini saling berhubungan dan berkaitan. 

    1. Produksi

    img: penayasin.com

    Kegiatan produksi adalah kegiatan menghasilkan/ menambah nilai guna barang dan jasa. Tujuan kegiatan produksi adalah menghasilkan barang atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Pelaku kegiatan produksi disebut produsen.

    Kegiatan produksi diantaranya adalah penjahit merubah kain menjadi pakaian siap dan pabrik yang menghasilkan barang jadi.

    Contoh kegiatan produksi adalah 

    a. Petani mengelola sawah menghasilkan padi

    b. Konveksi membuat baju

    c. Pabrik tahu membuat tahu

    d. Pengrajin mebel membuat kayu, dan meja.


    2. Distribusi

    img: merahbirunews.com

    Kegiatan distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Tujuan kegiatan distribusi adalah menyalurkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Pelaku kegiatan distribusi disebut distributor.

    Contoh kegiatan distribusi adalah

    a. Toko atau warung

    b. Seles/ Agen

    c. Grosir

    d. Supermarket


    3. Konsumsi

    img:radarbogor.id

    Kegiatan konsumsi adalah kegiatan menghabiskan atau mengurangi nilai guna barang untuk memenuhi kebutuhan. Tujuan kegiatan konsumsi adalah menghabiskan atau mengurangi nilai guna barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Pelaku kegiatan konsumsi disebut konsumen.



    Posting Komentar

    0 Komentar