SiPen News

6/recent/ticker-posts

Materi PARAGRAF- Pengertian, Ciri dan Jenis Paragraf

Daftar Isi [Tampil]

    PARAGRAF- Pengertian, Ciri dan Jenis Paragraf


    A. Pengertian Paragraf

    Paragraf adalah rangkaian kalimat yang memiliki gagasan utama dan pendukung. Nama lain paragraf adalah alinea. Paragraf memeiliki ciri-ciri dan jenis berdasarkan letak gagasan utama dan tujuannya.

    B. Ciri-Ciri Paragraf

    Ciri-ciri paragraf sebagai berikut.

    1. Terdiri dari kalimat utama dan kalimat penjelas

    2. Masing-masing kalimat saling keterkaitan

    3. Minimal terdiri dari 4 kalimat

    4. Memiliki gagasan utama

    C. Jenis-Jenis Paragraf

    Berdasarkan letak gagasan utamanya, jenis paragraf dibedakan menjadi 2, sebagai berikut.

    1. Paragraf Deduktif

    Paragraf jenis ini gagasan utamanya terletak di awal paragraf (awal kalimat). Sementara itu, kalimat lainnya berisi kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama.

    2. Paragraf Induktif

    Paragraf jenis ini gagasan utamanya terletak di akhir paragraf (akhir kalimat). Gagasan utama di akhir ini berfungsi untuk menyimpulkan kalimat-kalimat penjelas yang berada sebelum gagasan utama.

    3. Paragraf Campuran

    Paragraf jenis ini gagasan utamanya terletak di awal dan akhir kalimat. Gagasan di kalimat awal biasanya berupa inti pikiran dari paragraf tersebut. Sementara itu, bagian akhir kembali ditekankan mengenai gagasan utama dengan kalimat yang mungkin saja berbeda dari kalimat gagasan utama di awal.

    Berdasarkan tujuannya sebagai berikut:

    1. Paragraf Narasi

    Isi paragraf menceritakan suatu peristiwa atau masalah, sehingga membuat pembaca menjadi terhibur atau terharu.

    Contoh: beberapa hari lalu kami pergi ke sebuah pusat wisata yang berada di Jakarta. Kami pergi dengan 2 mobil pribadi. Mobil kami melaju cepat secara beriringan dengan mobil lainnya. Perjalanan menjadi sangat menyenangkan, semua orang tampak gembira. Cahaya sinar matahari menyinari kami sehingga membuat pemandangan dari dalam kacamata mobil cukup indah.

    2. Paragraf Argumentasi

    Isi paragraf bertujuan menyakinkan pembaca sehingga memperoleh dan menerima gagasan dalam sebuah karya yang ditulis oleh pembaca.

    Contoh: membaca memang merupakan faktor penting dalam menguasai berbagai ilmu pengetahuan. Seorang penasihat hukum pasti selalu membaca buku-buku yang terkait dengan hukum, sebab jika tidak membaca buku hukum pasti ia akan merasa kesulitan dan tidak tahu apa saja pasal-pasal yang tertera dibuku hukum.

    3. Paragraf Persuasi

    Isi paragraf dapat mempengaruhi atau membujuk untuk tertarik dengan gagasan atau ajakan yang dibuat.

    Contoh: membaca memang merupakan faktor penting dalam menguasai berbagai ilmu pengetahuan sebab seorang tak memiliki niat untuk membaca pasti tidak banyak memiliki tingkat pengetahuan. Karena ilmu pengetahuan biasanya bersumber dari buku.

    Misalnya anak yang pandai dalam pelajaran, biasanya dia akan menjadi kutu buku. Bagi siapa saja yang tidak memiliki niat untuk membaca pasti pengetahuuannya yang tidak luas dan terbatas. Oleh karena itu membaca menjadi hal yang penting dan biasakanlah membaca buku.

    4. Paragraf Deskripsi

    Isi paragraf memaparkan gambaran pada suatu keadaan atau sebuah peristiwa yang bentul tulisan sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar dan merasakan serta mengalami peristiwa tersebut.

    Contoh: saat brownis coklat buatan ibuku dihidangkan untukku, wangi brownis coklatnya langsung tercium enak oleh hidungku. Saat aku mencoba memakannya, bentuk dan rasa manisnya langsung membuat lidahku bergoyang. Sungguh, ibuku sangat pandai sekali membuat brownis coklat ini.

    5. Paragraf Eksposisi

    Isi paragraf bertujuan untuk memberikan penjelasan atau pengertian secara singkta dan padat.

    Contoh: kegiatan dalam merayakan ulang tahun TNI ke 72 tanggal 5 Oktober 2017 di lapangan blang padang banda aceh. Semua warga banda aceh turut hadir menyaksikan serangkaian acara ulang tahun TNI ke 72 dengan berbagai ragam acara seperti: Drumband, Tari Saman dan acara lainnya.

    LATIHAN SOAL PARAGRAF ARTI, DAN JENIS --> KLIK DISINI

    Sumber:

        studiobelajar.com

        salamadian.com

         ladypinem.com



    Posting Komentar

    0 Komentar